DutaDuta BahasaTerkini

Pemilihan Duta Bahasa Kepri 2019

Tanjungpinang- Pemilihan Duta Bahasa Kepulauan Riau 2019 telah mencapai puncaknya. puncak pemilihan oleh kantor Bahasa Kepulauan Riau diselenggarakan di Tanjungpinang City Center (TCC), 4 mei 2019.

pemilihan Duta Bahasa diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kepulauan Riau. Hal tersebut menunjukan bahwa kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat Kepulauan Riau.

pemenang pertama Duta Bahasa kepri 2019 yaitu Gea Carnando (Batam) dan Addinda Maulidta Antari (Tanjungpinang).

“Saya mengucapkan selamat kepada pemenang Duta Bahasa Kepri tahun 2019. Semoga dengan diberikannya amanah sebagai duta bahasa, dapat membantu pemerintah dalam menyosialisasikan dan meyakinkan masyarakat bahwa kita memiliki sebuah perekat utama bangsa yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa negara,” ujar Herimahendra.

Pemilihan Duta Bahasa Kepri 2019 kata Zuryetti Muzar kepala kantor bahasa, sudah diselenggarakan sejak tahun 2006. Peserta yang berhasil lolos seleksi wawancara akan lanjut masuk karantina di sana peserta finalis diberikan pembekalan tentang pentingnya peran duta bahasa dalam era globalisasi, pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda, dan kebijakan kebahasaan dan kesastraan.

Selanjutnya para finalis juga diberikan pembekalan mengenai kebijakan pembinaan bahasa, bahasa Indonesia yang baik dan benar, peningkatan kemampuan komunikasi publik, dan pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial.

“Dengan pembekalan tersebut diharapkan para duta bahasa juga bisa menjadi agen pembinaan bahasa di ruang publik, penggerak literasi di masyarakat, pemantik kepemimpinan generasi muda, dan teladan pengguna bahasa Indonesia terbaik,” ujar Zuryetti Muzar.

Saat ditanya, Gea Carnando mengatakan bahwa ia sangat bersyukur bisa menjadi pemenang pertama Duta Bahasa Kepri 2019. Mencintai bahasa, menjadi motivasinya mengikuti ajang ini.

“Ini baru pertama ikutan ajang pemilihan seperti ini, memang suka terhadap bahasa, karena beda dari ajang ajang lainnya, kalau pemilihan duta ini dilihat dari isi kepalanya, bukan dari fisiknya,” ujar pemenang pertama Duta Bahasa.

Diharapkan dengan terpilihnya Duta bahasa kepri mampu mengajak masyarakat terutama golongan muda untuk bangga menggunakan bahasa Indonesia.

(engesti)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close